“Improving Teacher’s Professionalism in Implementing IT-Based learning to prepare Student’s Global Mindset”
In the future, it is expected that schools in Southeast Asian countries could be able to improve the quality of education together and make a quality standard for Southeast Asian Schools.
The rapid changes in information technology, require teachers to adapt themselves to the new skills that student need. Many students as new generation have been interested in learning information technology by themselves. This trend should be made as an advantage of learning strategy. The consequence is that conventional learning strategy is becoming less popular, and will be replaced by a strategy of integrating ICT into classroom.
Di masa depan, diharapkan sekolah-sekolah di Negara- Negara Asia Tenggara dapat meningkatkan kualitas pendidikan bersama-sama dan membuat kualitas standar untuk sekolah-sekolah Asia Tenggara.
Perubahan yang cepat dalam tehnologi informasi memerlukan guru untuk menyesuaikan diri dengan ketrampilan baru yang siswa perlukan. Banyak siswa sebagai generasi baru telah tertarik belajar tehnologi informasi dengan sendirinya. Tren ini harus disikapi sebagai keuntungan dari strategi pembelajaran. .Akibatnya adalah bahwa strategi pembelajaran konvensional menjadi kurang popular, dan akan diganti dengan ketrampilan ICT dalam kelas.
Dalam temanya Indra Djati Sidi pada sebuah seminar yang berjudul “PENINGKATAN PROFESIONALIME GURU” mengungkapkan bahwa Guru yang ingin maju hendaknya : “ BERUBAH dan BERUBAH, tentunya berubah dengan hati yang gembira, energi, antusias, optimis, rendah hati, tidak sombong mau mendengar, mau belajar, selalu berfikir dan berfikir untuk meningkatkan kemampuanya: PROAKTIF, MANUSIA PEMBELAJAR, PANTANG MENYERAH, DAN TIDAK MUDAH PUTUS ASA.
Dengan tulisan saya ini, semoga bermanfaat khususnya bagi guru dan pada umumnya untuk seluruh pembaca.